menjadi ibu asuh anak kucing


Kemaren pagi, bangun tidur saya dengar suara anak kucing di depan kamar kos. Ternyata ada kucing yang baru melahirkan. Anaknya ada dua ekor ditaroh di ubin. Warna putih, masih basah dan ada ari-arinya. Karna keliatan kedinginan, keduanya saya angkat, selimuti dengan tissue, dan saya taroh diatas tumpukan kertas. berharap si induk segera mengurus anaknya. saya berangkat ke kantor. turun tangga. ternyata dibawah juga ada seekor lagi warna hitam. didepan kamar teman saya, dan dia juga memperlakukan anak kucing tersebut seperti yang saya lakukan.

baru lahir, masih basah

baru lahir, masih basah

sore-sore pulang kantor, saya keinget pada anak-anak kucing tadi. ternyata 2 ekor udah dibawa induknya, satu itam dan satu putih. sayangnya si induk menggotongnya ke bawah mobil yang lagi diparkir, dan tadi siang ujan. saya liat, kedua anaknya udah basah kuyup dan kedinginan. saya ambil keduanya, si kuning ternyata udah kaku, tapi si hitam masih bergerak. sedih.. si hitam langsung saya pindahkan ke kamar, dikeringkan dan diselimutin tissue. si kuning lalu saya kuburkan
setelah saya cek, saya menemukan 1 lagi anak kucing nyelip di sepatu, warna kuning. jadi sekarang ada 3 anak kucing yang masih hidup, satu warna hitam dan dua warna kuning. karena kemaren si induk teledor hingga satu anaknya mati, saya putuskan untuk merawat sendiri ketiga anak kucing ini.
pada malam pertama, kucing2 lucu ini saya kasih minum susu kental manis yang kebetulan ada di laci. minumnya saya suapin pakai sedotan. ternyata ribet juga, dan kucingnya makannya dikit. buat tidur, kucing saya taroh di depan kipas leptop, biar anget. laptop dinyalain semalaman, saya sekalian download film. tengah malam, si kucing mengeong-ngeong. pasti karena lapar dan kedinginan. buat ngilangin lapar, saya gak berani nyuapin susu kental manis lagi. sebelumnya saya udah gugling, kalo susu sapi itu mengandung laktosa yang tidak bisa dicerna kucing. laparnya ditahan dulu ya cing, rencananya besok pagi saya belikan susu bayi bebas laktosa. buat menghilangkan dingin, saya punya ide. kucing saya masukin kaos yang saya pakai, dan berhasil. si kucing diem dan tidur sampai pagi. saya yang tidurnya gak nyenyak, karna takut kalo berguling, kucingnya kegencet.

pagi ini, kebetulan hari libur. rencana saya untuk melengkapi semua kebutuhan perawatan kucing bisa direalisasikan. saya beli dot dan susu khusus kucing melalui cod alias ketemuan dengan seller online dan saya beli lampu belajar untuk menghangatkan kucing. saya relakan salah satu rak lemari box mini sebagai kandang kucing. box dialas kain, lampu dipasang, dan selesai. kucing saya kasih susu sesuai petunjuk. masing-masing baru minum dikit, karena belum terbiasa.

tadi siang saya coba taroh anak kucing tsb ke induknya, mulanya si induk meresponse, lalu diendus-endus, terus pergi. kata teman saya, kucing mengenali anaknya dari baunya, jadi jangan memegang langsung anak kucing yang baru lahir, nanti gak diurus induknya. mungkin karena udah saya pegang2, si induk gak mau mengurus anaknya. lagian induknya juga ceroboh, sampai ada yang mati kehujanan.

malam ini, si hitam tampak lemas, badannya mendingin. lama-lama dari hidungnya keluar darah. si hitam sekarat.. dan saya sudah pasrah untuk mengikhlaskannya.  dan baru saja, si hitam benar2 sudah kaku dan dingin. innalillahi.. si hitam mati di harinya yang kedua setelah dilahirkan. sedih..

si itam yang sekarat saya pisah, ditaroh diatas kotak

si itam yang sekarat saya pisah, ditaroh diatas kotak

tapi ada yang menggembirakan, 2 kucing lainnya (keduanya kuning) minum susunya kuat. badan keduanya juga telah kelihatan lebih besar. semoga panjang umur dan sehat sampai tua deh, amin.

kondisi terakhir si kuning, minum susunya kuat, sepanjang malam merengek tiap 2 jam dan baru diam setelah dikasih susu

kondisi terakhir si kuning, untung minum susunya kuat, sepanjang malam merengek tiap 2 jam dan baru diam setelah dikasih susu

***

saya salah seorang pecinta kucing. lucu dan bulunya halus. pernah waktu kelas 2 SD saya nangis2 karna anak kucing yang ada di rumah mau dibuang ortu. kasian. saya pernah baca, menurut penelitian, suara kucing yang lagi minta sesuatu (lapar, pengen dimanja, dsb) frekuensinya (ato apanya gitu) sama dengan frekuensi tangisan bayi manusia yang kelaparan, makanya kita sering iba melihat kucing yang mengeong kelaparan.

***

kenangan hari-hari pertama di kos baru.

Tentang franzkurnia

senang mencoba hal-hal baru, sedang berusaha mengendalikan sifat malas dalam diri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

40 Balasan ke menjadi ibu asuh anak kucing

  1. franzkurnia berkata:

    malam ini, si kuning 1 udah mati, mulutnya bengkak, yang satunya lagi sekarat, lehernya bengkak, padahal tadi siang masih kenyot2 dot susu yang saya kasih, sedih…
    dari gugling saya ketahui, sangat sangat sulit untuk membesarkan anak kucing tanpa induk, karena kondisi tubuhnya sangat rentan penyakit

    • Mario berkata:

      Jangan pernah mencoba misahkan bayi kucing dari induknya sebelum berusia 3 bulan,krn pengasuh terbaik tetaplah induknya sendiri🙂 hangat lampu dll tidak konstan spt tubuh induknya n scr emosional tentu lebih nyaman di asuh induknya,susu induknya jg susu terbaik krn ada antibody,tanpa itu bayi kucing pasti mati kena virus🙂

      • franzkurnia berkata:

        iya masbro..dapat pelajaran berharga dari pengalaman ini..😀
        ini si anak kucing saya coba rawat karna ditelantarkan induknya di depan kamar, sebelumnya ada juga yg udah mati kedinginan karna digotong induknya ke kolong mobil dan tiba2 ujan..

  2. TURIS berkata:

    barusan sy nemu 4 bayi kucing yg blum bs membuka mata di dpn rumah dibuang oleh orang. dibungkus plastik, dan mengeong2x kepanasan / mungkin kedinginan. sy bingung skrg hrs gmn, uda jelas yg sy tau dari ke 4 kucing tsb bakal mati dalam waktu dkt kl sy ga masukin ke rumah & di masukan dus bekas agar tidak terkena angin. sy msh agak repot kl mereka mati jg gmn ceritanya, repot krn sy tdk ada pengalaman sama sekali & tetangga jg tidak ada yg mau nerima itu kucing. ada saran agar mereka bs survive? cara ngasih susu pake apa ya mereka blom bs minum sndiri spertinya.

  3. Ajeng Putri berkata:

    kucingnya masih hidup gk mba???
    peluang hidup untuk baby kucing yg ditinggal induknya berapa besar ya kira?
    kucing aku persia beberapa jam yg lalu (subuh td) baru melahirkan 3 ekor, nah yg 2 ekor lainnya sehat dan mulai tumbuh besar, nah yg satu ini dicuekin aja sama induknya, malah ditindih2 sama induknya ditendang2, akhirnya karna kasian gk dikasih asi sama induk dan dicuekin saya ambil keputusan utk saya pisah rawat sendiri, sudah saya belikan susu untuk babynya nah skr yg ingin saya tanyakan berapa besar peluang utk hidupnya dan berapa kali sekali memberikan susunya? thx🙂

    • franzkurnia berkata:

      maap baru balas sist, sayangnya anak kucing saya sudah mati semua, cuma bertahan 3 hari, sedih.. dari yang saya baca, sangat sulit anak kucing umur 0-2 minggu untuk bertahan tanpa induknya, karena si anak harus mendapat susu induknya yang mengandung zat antioksidan buat daya tahan tubuhnya dari penyakit, tapi ada juga yang berhasil.. susu buat bayi hewan cari yang tanpa laktosa, karna bayi apapun lambung/ususnya belum bisa mencerna laktosa

  4. Ajeng Putri berkata:

    badannya pun skr mulai mendingin, kasiaaan jdnya😥

  5. basriadykimp berkata:

    trimakasih buat teman2 yg punya hati melindungi kucing dan binatang lainnya….(PAHAMI MEREKA YG INGIN HIDUP)

  6. Hong Pin berkata:

    Sekedar berbagi info, tgl 15 lalu seekor anak kucing ditinggal oleh induknya di bawah mobil, tadinya saya biarkan saja karena berharap diambil dan diasuh oleh induknya. Tapi sayangnya sudah hampir sore si baby kucing tidak diambil juga oleh induknya bahkan sudah mulai dirubung semut bahkan bagian kaki dan hidungnya sudah mulai luka akibat gigitan semut. Karena tidak tega, walaupun banyak yang tidak setuju, akhirnya saya ambil sibaby untuk saya urus pertama kali saya kasih minum susu dancow bubuk, kemudian saya kasih susu formula untuk bayi manusia. Untuk pemberian minumnya saya gunakan spuit dan dotnya saya gunakan pentil sepeda dari karet, sampai hari ini sibaby kelihatan sehat2 saja umurnya sudah kurang lebih 10 hari. Namun yang saya heran bobotnya terlihat ga nambah2 kalau dari goggling malah cendrerung dibawah bobot rata2 normal bayi kucing. Kira2 gimana ya? mungkin ada yg mau sharing bagaimana seharusnya? Oh iya, sibaby kucing pada saat umur 7 hari tali sisa ari2nya sudah kering dan lepas dari tubuhnya. Kalau ada teman2 disini yg berminat mengurusnya dan mau menyayanginya akan saya hibahkan , kucingnya bagus kuning putih, ekornya pendek jenis kelamin kelihatannya jantan. umurnya tercatat lahir tgl 15 Agustus sekitar jam 10 an pagi 2 hari menjelang detik2 proklamasi nih. Yang berminat hubungi saya ya. terima kasih.

  7. aushafa dyazra berkata:

    saya juga pernah menemukan bayi kucing yang dibunag orang,saya kasih susu dancow dan cuma bertahan 4 hari,lalu saya baca di twitter ternyata susu dancow tidak baik u/ pencernaan kucing karena mengandung laktosa yang tinggi:(

  8. wahyu ilham berkata:

    Konsekuensi ketika saya mengawinkan jantan persia saya dgn persia sahabat. Selang kelahiran 5 hari siinduk betina hilang dicuri orang dan saya pun sebagai “kakek” harus mengemban tanggung jawab utk merawat bayi kucing yg msh berumur 5 hari. Ya dadi pihak keluarga betina menyanggupi utk merawat 2 ekor. Dan saya diberi tabggung jaab merawat 1 ekor. Semula sangat penuh keraguan apakah saya bisa merawat bayi kucing itu Namun atas saran teman saya yg seorang dokter hewan saya harus mencari ibu asuh utk si bayi kucing. Namun berbekal informasi dari internet dan dgn keyakinan yg kuat saya memutuskan utk merawatnya sendiri. Saya membeli dot khusus kucing dan susu khusus bayi kucing bermerk PERKI LAC yg Advance. Memutuskan utk mengambil cuti selama seminggu utk merawat bayi kucing secara intensif. Setisp 4 jam harus diberi susu. Dan akhirnya alhamdulillah setelah sebulan berlalu
    . Bayi kucing tumbuh dengan sehat. Mudah2an bisa terus tumbuh dan berkembang.

  9. wahyu ilham berkata:

    Oh ya gan. Bayi khusus kucing itu merk PERKI LAC Advance harganya rp.150.000 Diberikan setiap 4 jam.
    Harus dalam keadaan hangat. Botol susu harus steril. Bisa direndam air panas. Gunakan tisu basah utk membersihkan bulu dan kotoran. Sediakan handuk dan hairdryer utk setiap kali mmbersihkannya.

    • franzkurnia berkata:

      wah nice info gan, hobinya udah serius nih ya, kalo saya cuma sekedarnya saja, hehe

    • vaniiphanie berkata:

      sy ada anak kucing yang d tinggal ibunya, dia kenapa jarang minum susu. tapi sering sy paksa buat minum. kalo d minumin susu kucing, dy nangis dn kepalanya geleng2. maunya tidur terus, gimana itu mas?., tolong kasih solusi biar dy bisa tumbuh sehat

  10. dinda berkata:

    mau nanya dong .. kan aku punya kucing .. kucing aku melahirkan 3 anak .. nah belom ada 2 bulan .. mama aku udah buang kucing sama 2 anak kucing tersebut .. sedangkan satu nya ada di aku .. kucingnya sih udah doyan makan .. aku juga sebenernya gak mau buang kucing satupun .. tapi pemikiran mama ga sama kaya aku .. kira-kira udah bisa di rawat sendiri tanpa induk ga sih ?? plis bales

  11. Sayasih lebih suka reptil ya hehe, ular, iguana, kadal, gecko, savmon hehe, ngerawat nya gampang, ga butuh mandi, ga butuh susu hehe, cuman harus pinter ngatur suhu ruangan, terus reptil juga gaterlalu bau

  12. Gan, Gimana nih,, ane nemu kucing yang hampir jatuh ke selokan,, maksudnya mau saya kembali-in ke koloninya, cuma gak tau dimana….
    Jadi ane rawat aja, cuma ane kasih susu, gak mau minum,, maunya tidur aja…
    Solusinya gimana ini, biar dia mau minum? Keadaan sekarang masih sehat, matanya belum terbuka, tali pusarnya uda kering tapi belum terlepas….

  13. erika berkata:

    kalo kucing saya itu baru melahirkan, tanggal 11 juni siang. anaknya ada 5. nah sampai malamnya, ada banyak darah kececer. emang sih, kalau melahirkan trus keluar darah itu normal, tapi ini darahnya banyaaak banget. sampai paginya, kucing saya mati. ninggalin anak 5 deh. yah,, terpaksa aku, anak kelas 7 udah jadi ibu angkat buat anak anak kucing😀
    ayahku langsung telepon teman kerjanya yang punya tetangga peternak kucing. katanya, disuruh nempatin di kardus yang di bawahnya di kasih kain kain sama dikasih lampu 5 watt. tapi ayah sama saya kelupaan terus mau ngasih lampu 5 watt.. mati deh 1 warnanya item mulutnya agak cacat nggak bisa nutup rapat kayak sodara sodaranya.. trus masi kelupaan kelupaan lagi, yang lampunya pecah lah, kabelnya ketinggalan lah, dan masi bannyak lagi. mati lagi deh 2.. kali ini warna juga item, sama putih…. sampai tadi pagi dirawat terus, diminumin susu, dibersihin… mati 1 lagii😥 warnanya kuning…. trus sekarang tinggal 1, warnanya sama kayak induknya yang mati. kunamain sama kayak induknya “mimi”
    itu pengalamanku😀

  14. kirana berkata:

    Sis saya punya satu anak kucing,,induk.y gak mau kasi susu,jd saya bingung gimna cara ngurus nya sblm.y sih sudah prnah trus saya kasi susu dencow sampe skrang sih sehat” aja malah tumbuh jdi kucing yg lucu n pintar,,, tapi yg ini bnr” baru lahir usia.y baru 1minggu,,, kalo sementara saya kasi susu dencow lg kira” aman gak ya ,,sampe pesanan susu n don khusus kucing nya sampe rumah ,,,

  15. Catty berkata:

    Buat bayi kucing harus pake susu yang bebas laktosa, kalo beli susu khusus bayi kucing rasanya kemahalan, bisa diganti pake susu bayi yang bebas laktosa kaya SGM LLM yang kotaknya warna putih.

  16. Joni berkata:

    saya juga pernah nemu anak kucing matanya masih pejam _+ sebulan yg lalu kayanya abis buat maenan anak-anak tetangga. kondisi lemah kasian meliatnya lalu saya ambil saya taruh dikain bersih dan sepertinya lapar. bingung cara kasi makannya saya ke apotik cari jarum suntik + susu cap beruang lalu karet ucus ban atau pentil sepeda. sampai rumah jarum suntik saya buang ganti dengan karet tadi kira-kira 5cm setelah cuci besih. saya suntikkan susu 3ml (sudah saya buat hangat) lewat mulut trus aja saya masukin kira-kira lewat dari kerongkongan si anak kucing. pelan pelan akhirnya masuk keperut. sejam kemudian badannya menghangat sampai akhirnya kepalanya tegak. sekarang kucing tersebut sudah diasuh kucing lain yang punya anak usia sama. saya taruh juga diam-diam ditempat teman pemilik kucing beranak itu.

  17. rizky berkata:

    Tolongin saya Mas/Mba broo sy sedang kebingungan neh ngurusin anak kucing.. susa bingit minum susunya..

  18. zx fien berkata:

    saya juga pernah ngurus anak kucing ditinggal induknya tapi ditinggal mati (ketabrak) umur anaknya baru sekitar seminggu, bingung gimana cara ngurus anak kucing awalnya saya kasih susu cair saya tuangin langsung langsung ke mulutnya sampai keselek batuk” kurang lebih 2 hari, nanya” satu kampung cari induk kucing yang lagi menyusui akhirnya dapat juga induk kucing (anaknya mati semua) kebetulan sekali, kucing itu langsung menyusui anak terlantar itu dianggapnya anak sendiri sampai sekarang masih hidup dan anaknya gemuk”, alhamdulillah beruntung banget bisa dapat induk kucing yang sayang banget sama anaknya

  19. Tika berkata:

    wah, niat banget nolonginnya. salut deh sama kebaikan kamu dan perjuangannya ngerawat anak kucing tanpa induknya. dulu waktu ada kucing nglahirin dirumah ga berani pegang, takut, masih kecil bgt. akhirnya sama bapakku dipindah ke rumah kardus biar lebih nyaman. sekarang udh melanglang buana, hehehe…

  20. pulsa murah berkata:

    saya barusan nemukan kucing, kasian kehujanan, tapi bingung mau di kasih makan apa ???

  21. haqqy berkata:

    adek saya nemu bayi kucing di tinggal sendirinya di poskampling dket rumah, karena kasian [*walo sempet di tentang mama, gara” di rumah udah ada 5 kucing], ahirnya ttp diambil..
    kasian kucingnya masih kecil skitar umur 2mgguan.. untungnya dirumah kucingku baru ngelahirin 1 bulan yang lalu, jadi masih pnya susu buat dikenyot😀 ..
    waktu pertama kali si kucing yg adek aku temu disatuin di kardus tempat bayi” kucingku yang sebulan [namanya chacha ma coreng], si chacha langsung akrab, soalnya pas ketemu pertama, si bayi temuan ngira kalo si chacha ibu indukan, mo disusu, soalnya liat tingkahnya mo ngusel” perut si chacha, padahal chacha tu cowo😀 . tp sama si coreng, dia bersikap waspada, galak, ya wajar ya namanya juga baru ketemu😀 . setelah dibiarin di kardus barengan sejam dua jam, mereka udah akrab lah akhirnya..
    nah si bayi ini kan perlu susu, walo indukan kucingku punya susu, tp kan gx bisa lgsg nyuruh si choco buat nyusuin :3 . alhasil, dipaksa si choco ma aku n mama, buat nyusuin tu si bayi temuan. seneng banget si bayi temuan bisa nyusu sampe lama banget, [kali udah dibuang lama, blom nyusu entah dr kapan] -_- *kasian. walo choco sikapnya waspada, tapi aku n mama brusaha “nyelundupin” si bayi temuan setiap choco nyusuin anak”nya, si chacha n coreng😀
    soalnya si bayi temuan masih butuh perlindungan indukan. walo kadang choco taw kalo ada bau yang bukan anaknya, tapi setidaknya si bayi temuan gx diserang. si bayi temuan bisa tenang walo gx disusuin asal deket ma kakak” angkatnya, soalnya kalo taw” dia sendirian, pasti lagsg ngeong” nangis gitu.

    ada yang pernah jadiin kucing rumah kalian, jadi kucing susuan anak bayi kucing baru gx? kira” proses akrabnya brapa lama ya? ntar kira” indukan kucing lama kita bisa sayang ma kucing baru kita kyk ke anak” kucingnya gx ya?

  22. KITTENS LOVERS berkata:

    Saya Juga Pernah Menemukan Bayi Kucing Di Depan Rumah, Kayaknya DiBuang Orang Dalam Kardus. Kasihaan… Dia Hanya Mengeong2 Awalnya Saya Hanya Ingin Mengeluarkannya Dari Kardus, Agar Dia Bisa Mencari Makan. Tapi Ternyata Masih Kecil Sekali, Mungkin Umurnya Sekitar 2-3 Minggu-An. Akhirnya, Saya Bawa Masuk Ke Teras Rumah, Dia Tetap Mengeong2 Saja. Saya Coba Kasih Susu DiSuapin Pakai Sendok, Tetapi Dia Hanya Minum Sedikit ( Mungkin Karena Belum Ngerti )… Setiap Hari Saya Coba Kasih Kayak Gitu. Ehh… Pas Hari Ke-3 Mau DiKasih Susu, Dia Menghilang. Saya Cari Kemana2 Nggak Ada, Ternyata Ada DiBawah Rak Sepatu And Sudah Mati… Hiks… Badannya Kaku And DiSemutin… Pas Sudah Mati Baru Saya Kasih Nama Shony, Walaupun Saya Nggak Tahu, Si Shony Itu Jantan Or Betina…

  23. POPPY berkata:

    Maaf, Sedikit Share… ( Ini Kittens Lovers )

    – Kisah Menemukan Zony –

    Ini Kucing Yang Ke-2 Kalinya Saya Temukan Di Depan Rumah Saya. Waktu Itu, Adik Saya Yang Menemukannya, And Dia Bawa Ke Teras, Terus Bilangin Ke Saya. Saya Bilang Taruh Saya Di Dalam Kardus, And Kebetulan Masih Ada Sisa Daging Tiram Di Kulkas. Kami ( Saya And Adik Saya ) Coba Cincang Tiramnya And Kasih Ke Zony, Alhamdulillah… Zony Menghabiskannya. Tapi, Pas Sorenya, Dia Nggak Mau Makan Tiramnya Lagi. Kami Coba Kasih Daging Kambing ( Yang Telah DiCincang ), Dia Juga Nggak Mau. Oh No!!!… Kami Mulai Panik, And Bilang Kejadian Itu Ke Ummi ( Mama ), Kata Ummi, Mungkin Dia Masih Kenyang. Kami Juga Punya Kucing Betina Dewasa, Namanya Kitty, Zony Kayak Ngemutin Perut Kitty, Padahal Kitty Susunya Masih Kecil. Karena Kitty Belum Melahirkan And Mandul, Akhirnya Zony Makan 1X Sehari. Zony Hanya Bertahan Hingga 5 Hari 4 Malam, And Akhirnya Mati… Hiks… Sedih…

  24. POPPY berkata:

    Woww!!!… Semuanya Yang Di Sini Kittens Lovers, Yaa???… Semoga Tuhan Membalas Kebaikan Semua Yang Di Sini…

  25. Marita R, berkata:

    Hai, mampir disini karna pengen tau harus bagaimana kalo ada anak kucing br lahir ngeong2 sgt keras semalaman (kyknya ga diurus induknya). Saya mau rawat tapi pas baca2 disini katanya lbh baik dirawat induk sendiri ya? Tp ini mengeong2 terus saya kasihan😦 bingung harus apa. Mohon infonya kalo ada yg bisa kasih saran.

    Anyway, saya terharu sekali membaca cerita Franz. Sungguh baik mau bersedia repot utk menyelamatkan hewan gak berdaya. The world needs more of people like you!

  26. Helena berkata:

    Semalam baru nemu anak kucing ngeong2 di got kolong jembata mobil. Setelah diambil, keringin bulunya, saya kasih susu beruang pake sedotan. Kira2 cocok ngga susu beruang sama anak kucing? Saya ngga pernah piara kucing sebelumnya.
    Waktu dijalan kemarin sempat ketemu indukan kucig yg sepertinya lg menyusui, saya anter si Keon sama dia berharap mau adopsi, tapi cuma diendus, trus ditinggal…
    Setelah bawa Keon 2 jam sampe kerumah, malam saya alasin kain yg banyak, dia tidur. Pules banget sampe ngga bangun2…
    Kira2 berapa jam sekali perlu kasih susu ya?

  27. ana berkata:

    Pagi tadi baby kucing piatu usia 1 minggu yg ku pungut mati😦
    5 hari ku kasih dancow batita, pas baca2 di google ternyata susu dancow tdk baik utk bayi kucing😦

    • franzkurnia berkata:

      iya, susu sapi mengandung laktosa yang tidak cocok untuk bayi manapun, baik manusia maupun hewan

  28. MasterGems berkata:

    Saya juga kebetulan nemuin 6 bayi kucing berumur below 4 hari.. 4 sudah tewas dan 2 masi ok sampai dengan skrg.. Di kasi susu SGM LLM+ non laktosa.. Menurut info yg saya dapatkan dari pak google seperti nya 4 ekor yg tewas semua krn hipotermia dan dehidrasi..

  29. deai berkata:

    Duh…bingung ni.2 hr yg lalu anak kucing jatoh dr genteng rmh ak.induknya gk nyariin.mana hujan.badan si anak kucing yg 1 menggigil yg 1 gk bisa bergerak.trus ak pindahin di dus.ak taro di dlm rumah biar anget.ak kasih susu si sendok.mau minum si..tp suara meong2 ny gk nyaring..mesti gimana dong(ak gk pernah pelihara kucing jd bingung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s