Kebun Binatang Ragunan, Seru Lho..


Mengisi waktu liburan tidak harus jauh-jauh atau keluar kota. Ternyata banyak tempat menarik yang dapat kita kunjungi di sekitar kita. Hal itulah yang saya temui ketika berkunjung ke kebun binatang ragunan.
Sabtu pagi saya udah asik dengan sepeda. Ya, dari dulu bersepeda menjadi salah satu hobi saya. Apalagi sekarang sepeda sudah menjadi tren hampir di semua kalangan, khususnya di Jakarta. Setiap sabtu dan minggu, pagi dan sore hari, jalanan Jakarta rame dipenuhi oleh orang-orang yang bersepeda. Pagi ini tujuan saya adalah kebun binatang ragunan. Saya gowes sendirian, karena teman-teman yang tergabung di grup sepeda kampus tidak ada yang merespons ajakan saya. Semalam sebelumnya saya sudah apdet status ngajakin yang lain buat gowes bareng pagi ini. Ternyata nihil tanggapan. Gowes kali ini saya tak lupa membawa kamera, mau sekalian hunting foto.
Dari kawasan bintaro jaya, saya menuju arah jalan veteran terus ke jalan simatupang. Nah kalau sudah di jalan simatupang, tinggal lurus aja kea rah timur sampai ketemu perempatan ragunan. Dari perempatan lalu belok kanan, sekitar 500m kita sudah sampai di gerbang kebun binatang ragunan. Itu jalur terpendek yang telah saya survey melalui google earth. Waktu tempuh dengan sepeda dari bintaro-ragunan tidak sampai 1 jam.

suasana pagi di ragunan

suasana pagi di ragunan

suasana pagi di ragunan

Pengunjung dikenakan tiket masuk 5000 per orang, kalau pake sepeda ditambah 1000 rupiah. Menurut saya memang sebaiknya kalau ke ragunan membawa sepeda, karena berkeliling ragunan dijamin gak bakal cukup hanya dengan berjalan kaki, karena kawasannya cukup luas, dan kendaraan bermotor seperti mobil dan motor dilarang masuk. Di dalam ragunan ada penyewaan sepeda. Berdasarkan percakapan orang-orang yang saya dengar, sepeda disewakan per jam, jadi lumayan juga kalau kita mau keliling berlama-lama. Tariff sewanya saya gak tau, gak nanya sih😀. selain sepeda ada juga kereta-keretaan yang mengantar pengunjung keliling kawasan kebun binatang. Di dalam ragunan, ternyata bukan hanya saya yang bersepeda, banyak juga pengunjung lain yang membawa sepedanya.
Koleksi satwa yang ada di ragunan cukup beragam, mulai dari kelompok kucing (harimau dan singa), beruang, gajah, berbagai jenis burung, ular, dan ikan (termasuk yang langka dan terancam punah), primata, buaya, kuda nil, rusa, zebra, jerapah, dan banteng ada disini. Bahkan kalau anda beruntung, anda bisa menemui biawak bermacam ukuran yang berkeliaran di jalanan dan selokan. Biawak merupakan hewan liar yang banyak terdapat di semak2 di Jakarta, tidak hanya di ragunan.

si belang hitam putih, zebra

siamang

gajah apanya yang paling besar? kandangnya..

beruang

singa

harimau sumatera

singa putih dari india

eland, baru kali ini saya tau ada binatang namanya eland

kijang

rusa tutul

rusa

rusa-rusa lagi ngadem

banteng, moncongnya hitam ya, bukan putih..

Dengan sepeda, saya bisa menjelajahi kawasan “pedalaman” ragunan yang jarang dikunjungi. Semakin jauh dari pintu gerbang, pengunjung semakin sepi, namun suasananya semakin adem dan lebih natural. Minusnya, kandang-kandang binatang yang jauh dan sepi pengunjung terlihat tidak terawat. Saya jadi kasian melihat penghuninya yang juga minim perawatan. Masuk lebih jauh, ada sebuah danau yang cukup luas dan dikelilingi semak dan ilalang. Saya melanjutkan gowes dengan mengikuti jalan pavingblock yang mengelilingi danau, dan ternyata di balik ilalang ada sebuah tempat pengolahan sampah kecil yang dikunjungi beberapa truk sampah. Itulah enaknya bersepeda, kita bisa menjelajah lebih jauh dan melihat lokasi-lokasi yang mungkin belum pernah ditemui pengunjung lain.
Sekitar 3 jam saya mengelilingi kawasan ragunan. Hampir semua wilayah ragunan sudah saya kelilingi, tak lupa sambil jepret sana sini. Udara di ragunan cukup segar walaupun berada di tengah kota. Pohon dan tanaman disini juga rindang. Saat saya akan pulang, ternyata di sekitar gerbang dan di bawah-bawah pohon sudah rame sama anak-anak sekolah yang memang lagi lburan sekolah. Siip, daripada main ke mall terus, lebih baik mengenal binatang dan menyatu dengan alam seperti ini.😀

burung kasuari

gak tau apaan, ilama bukan??

babi rusa

buaya deh kamu..

kuda nil

iguana

iguana

burung merak

jerapah

burung.. apa ya? pelikan?

Tentang franzkurnia

senang mencoba hal-hal baru, sedang berusaha mengendalikan sifat malas dalam diri
Pos ini dipublikasikan di puter-puter dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Kebun Binatang Ragunan, Seru Lho..

  1. Nice gan… mau ngisi buku tamu dimana ya hihihihi

  2. Habiby berkata:

    gambarnya keren, bang….

Tinggalkan Balasan

