Eksotisme Kota Toea Semarang


saya sempat tau kalo di semarang ada kota tuanya waktu jaman kuliah dulu, dari teman saya anak solo yang sma nya di semarang. namun baru 2 tahun lalu saya bisa menjejakkan kaki di ibukota jawa tengah itu. beberapa foto dibawah adalah hasil bidikan saya waktu terakir ke semarang, sekitar 4 bulan yang lalu.

wilayah kota toea semarang berada di dekat stasiun tawang (yang saya kunjungi sih, gak tau di wilayah lain ada juga atau tidak). disana ada sebuah kolam besar, daerah penampungan air atau air laut yang masuk, gak tau deh. di sebelahnya kolam berdiri stasiun tawang, di sisi lainnya kompleks bangunan-bangunan tua. bangunan tua disini jumlahnya cukup banyak. sebagian ada yang masih difungsikan, kebanyakan sih buat gudang, namun tak sedikit juga yang sudah tidak difungsikan lagi.

Gambar

flare through old building

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

selain itu ada juga bangunan yang  dicat warna cerah, warna merah pudar dengan aksen kuning, yang dalam imaji saya mirip rumah-rumah di meksiko, hehe.. warna cerah diantara cat kusam bangunan tua menjadi daya tarik tersendiri bagi saya untuk diabadikan

Gambar

Gambar

Gambar

ada juga gereja imanuel yang arsitekturnya eropa banget

Gambar

Gambar

dari pengematan saya, sepertinya pemerintah (provinsi atau kota) kurang mengoptimalkan kawasan tersebut. banyak bangunan yang tidak terawat, terlihat dari catnya yang udah kumel, bahkan di beberapa bagian ada yang rusak. seharusnya pemerintah bisa lebih menjaga dan merawat aset bersejarah tersebut. setau saya kan emang ada anggaran buat merawat bangunan dan benda bersejarah. cukup dirawat aja deh, trus keamanan disana dijaga, nanti wisatawan bakal rame dan nyaman berkunjung kesana. nah kalo sudah rame dan dipromosiin kayak di blog saya ini (hehe), baru bisa ditarik retribusi sehingga bisa menambah pendapatan daerah. namun apa dikata, ini indon-esia bung, apa sih yang bisa diharapkan dari pemerintahnya (>> golongan rakyat pesimistis)

tapi gimanapun, semarang tetap ngangenin, ya kotanya, ya “dia” nya, gak sabar pengen main kesana lagi

gimana sejarah dari bangunan-bangunan tersebut? jujur kacang ijjo, saya gak sempat (atau emang males) untuk gugling dan mencari cerita dibalik bangunan-bangunan eksotis itu. untuk info yang lebih dalam, gugling sendiri yee.. jangan lupa tinggalkan jejak ya temans kalo merasa pengetahuannya bertambah dengan membaca blog ini (ngarep, hahaha) << derita blog sepi pengunjung

cao!!

Tentang franzkurnia

senang mencoba hal-hal baru, sedang berusaha mengendalikan sifat malas dalam diri
Pos ini dipublikasikan di puter-puter dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

