Pulau Sikuai, Keindahan di Pesisir Barat Sumatera


assalamualaikum ww

wah dah lama banget saya gak ngeblog, sebelumnya sih lumayan aktif di blog sebelah (bl*gspot) sampai 3 tahun yang lalu (dah lama juga, hehe..) tp kalo dimari benar2 sangat jarang saya sentuh, masalahnya karna gak ngerti sama tampilannya wordpress yang terkesan rada rumit dan tidak punya banyak waktu (baca: malas) buat mempelajarinya

tapi mulai saat ini saya akan coba berbagi melalui blog ini, karena kayaknya wordpress cukup ramai, dan mulai belajar sikit2 a.k.a learning by doing

tulisan pertama ini saya nukilkan ( ceilee..) dari pengalaman saya mudik lebaran kemarin. kalo gak salah pada lebaran h+5 saya dan seorang adik serta 3 orang teman mengunjungi pulau sikuai, sebuah pulau di sebelah barat kota Padang. kami menggunakan jasa biro perjalanan namanya dermaga wisata bahari, lokasinya di muara padang (wah, harusnya saya dapat royalti iklan nih). kalo gak salah biro terseput satu2nya biro perjalanan ke pulau sikuai. kami mengambil paket balik hari (maksudnya berangkat pagi pulang sore, bahasa indonesianya apa ya?) per orangnya Rp250.000. bila dibandingkan dengan fasilitas yang didapat yang HANYA perahu berangkat-pulang dan makan siang, jumlah tersebut sepertinya cukup mahal. jadwal berangkat di tiket jam 10 AM dan pulang jam 4 PM. tapi kenyataannya jadwal berangkat bisa molor, kami jadinya berangkat jam 11 AM (maklum, padang masih di indonesia dan tau sendiri lah kebiasaan orang indonesia)

kami dan penumpang lain naik kapal kayu nelayan. kapalnya kecil dan diisi 7 baris x 5 orang = 35 orang plus beberapa kru kapal. menurut saya penumpangnya kebanyakan untuk kapal seukuran itu, kena gelombang agak besar aja bisa kebalik kayaknya. gak tau tuh udah lulus uji kelayakan dari dephub atau gak.

perjalanan dari muara padang ke sikuai sekitar 1 jam. selama perjalanan kita bisa melihat kota padang dari laut dan aktivitas kapal-kapal angkut di teluk bayur yang terkenal itu (hehe, pamer). waktu 1 jam terasa cukup lama bagi saya sehingga sempat membuat saya ketiduran (dasarnya aja tukang tidur..).

tak lama, pulau sikuai terlihat di depan mata. hamparan pasir putih, barisan pohon kelapa, dan jernihnya laut membuat saya tersikema, eh terkesima.. beruntung cuaca hari itu pun sangat cerah, sehingga hamparan pemandangan pulau tersebut dilatari oleh birunya langit. gak percaya?? ntar liat aja deh potonya..😀

saya yang emang suka potografi langsung jepratjepret kayak anak autis. eh biar puas nih liat dulu aja semua potonya, info2 lainnya ntar saya kasih si akhir

penampakan pantai dari perahu

indah nian

pantainya keren

tiang dermaga

penunjuk arah

pantai lagi dan lagi

pasir putih

bagian jalan yang jatoh

footpath mengelilingi pulau

pantai lagi

diantara dua kelapa

barisan nyiur

pulau karang di sebelah sikuai

sisi kanan pulau

dermaga

aktivitas pegawai resort

resto resort

view keluar resto

sisi lain pulau, pura2nya di belitong😀

sisi lain pulau

jalur treking

barisan kelapa

perahu siapa ya? klo buat antar jemput pengunjung bukan yg ini

minimarket dan rental peralatan

list peralatan

penginapan

narsis dolo! tebak saya yang mana? benar.. yang lagi main pasir di belakang😛

biar gampang, info-infonya saya list aja ya sekalian kesimpulan

– berangkat ke sikuai dari muara padang oleh biro dermaga wisata bahari

– kalo gak salah ada 2 kali keberangkatan (paket) sehari, jam 10.00-16.00 dan jam 14.00-jam berapa gak tau

– biaya per orang Rp250ribu, dapatnya perahu PP sama makan siang tok pake nasi kotak (pelit!)

– dengar2 ada juga paket nginap di cottage2 yang ada di pulau, yg pasti harganya lebih mahal

– oiya pulaunya gak berpenghuni, hanya ada cottage2 penginapan, tanpa penduduk

– fasilitas lainnya sewa lagi di pulau dan harganya sangat unyu.. waktu saya kesana tuh sewa snorkle aja Rp50 ribu per jam! gile aje lu.. tapi ya terpaksa sewa juga karna pengen

– disana ada juga minimarket yang jualan kebutuhan seperti snek dan makanan ringan (snek artinya ya makanan ringan, dodol)

– jadi sarannya kalo perlengkapan dan kebutuhan disana dibawa dari darat, soalnya harga disana mahal

– ada jalan setapak yang udah dibeton yang mengelilingi pulau, di beberapa bagian ada yang runtuh kena abrasi

– lautnya jernih, tapi terumbu karangnya kurang menarik

– kalo beruntung bisa ketemu kura-kura yang lagi menepi, dipegang boleh tapi jangan diapa-apain, ntar bapaknya marah

overall, objeknya keren, saya gak nyesel kesana, tapi ya mungkin pelayanannya lebih ditingkatkan kali ya

buat yang belum pernah ato belum sempat kesana, RECOMMENDED DAH😀

Tentang franzkurnia

senang mencoba hal-hal baru, sedang berusaha mengendalikan sifat malas dalam diri
Pos ini dipublikasikan di sumatera barat dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Pulau Sikuai, Keindahan di Pesisir Barat Sumatera

  1. Peppy Edza berkata:

    kapan kamu ke sikuai…
    kita rnc ke sikuai bulan maret 2012 sekalian bikin acr reuni di sana
    kira2 fasilitas disana msk oke ga???
    penginapan, listrik, air bersih dan keamanan
    thank ya infonya

    • franzkurnia berkata:

      fasilitas sih cukup lengkap, rate 3,5 dari 5 lah, cuman harganya gak banget, contoh nih, masa sewa snorkle aja 50rb per jam! klo sepuasnya sih wajar ya..
      fyi, ada alternatif lain tujuan wisata pulau di sumbar, namanya pulau cubadak, di kab pesisir selatan, sktr 50km dari kota padang, gugling aja..
      kata adek saya yg pernah kesana sih, lebih oke dari sikuai, yang kelola investor asal jerman

      • Peppy EDza berkata:

        Thanks>>> akhirnya reuni di sikuai terlaksana juga.. bulan maret 2012, memang tempat yang oke,, teman ku bawa teman dari german,, katanya mmg menakjubkan,, sayangnya bulan Oktober 2012 teman ku ada yang mau kesana, krn liat foto2 ku,, tp setelah di hubungi pihak pengelola ternyata pulau sikuai sudah di tutup untuk umum dengan alasan renovasi,, semoga objek wisata pulau sikuai bisa di buka lagi untuk umum secepat nya,,,

    • franzkurnia berkata:

      aseek, share juga catper dan foto2nya bro/sist🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s